Nyeri di bawah rusuk kanan

Info Penanya, pria 67 Tahun

Dokter, saya merasakan seperti sesuatu yg mengganjal dibawah rusuk kanan n bawah sejak bulan Februari. Sekarang rasanya didaerah tsb suka nyeri kalau bergerak miring kiri atau kekanan saat tidur. Kira gangguan / sakit apa yg sy derita ini? Tks

14 Sep 2019, 20:09 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri di bawah rusuk kanan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keluhan Anda adalah rasa sakit di bawah rusuk kanan yang seperti ditusuk-tusuk. Rasa sakit ini dirasakan ketika tubuh bergerak ke kanan, ke kiri dan ketika membungkuk. Rasa sakit juga dirasakan saat menarik nafas.

Tulang rusuk adalah tulang-tulang rongga dada yang melindungi paru. Perlu kami konfirmasi persisnya di daerah rusuk kanan atas/tengah/bawah/depan/belakang yang sakit? Dan apakah rasa sakit ini menjalar?

Keluhan nyeri yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh gangguan otot dan tulang, kelainan paru, hati, empedu maupun lambung. Bila ini disebabkan karena gangguan otot dan tulang, nyeri biasanya muncul karena perubahan posisi, berlangsung sebentar sekitar 1-2 menit, dapat disertai nyeri saat ditekan dan tidak berhubungan dengan menarik nafas. Sedangkan bila nyeri juga dirasakan saat menarik nafas, ada kemungkinan berhubungan dengan paru atau selaput pembungkus paru (pleura).

Keluhan nyeri di bawah rusuk kanan yang terkait organ hati, empedu maupun lambung biasanya disertai rasa mual, muntah, kembung atau cepat kenyang. 

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda mengalami keluhan-keluhan lain seperti yang telah disebutkan di atas? Untuk mengurangi rasa nyeri Anda dapat mengkonsumsi parasetamol terlebih dulu. Apabila tidak juga membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa secara menyeluruh. Ada kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen dada bila perlu.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri di bawah rusuk kanan. Semoga bermanfaat. Salam

14 Sep 2019, 20:09 WIB