Mengatasi Gusi Bengkak Dan Bernanah

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok saya mau tanya,,obat ny untuk gusi bengkak apa ia??gusi saya bengkak dan keluar nanah Dok,,itu gra" gigi sya berlubang/apa?

16 Sep 2019, 20:01 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanay seputar mengatasi gusi bengkak dan bernanah melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang bengkak dan bernanah dapat terkait suatu keadaan infeksi. Bila terdapat keadaan gigi yang berlubang atau sisa akar maka ada kemungkinan yang sedang Anda alami adalah abses yaitu semacam bisul yang berisi nanah. Abses disebabkan oleh infeksi, dan umumnya diawali oleh karies (lubang) gigi yang tidak dirawat sehingga infeksi terus berlanjut hingga ke ujung akar gigi dan akhirnya menginfeksi jaringan pendukung gigi yaitu gusi dan tulang (disebut abses periapikal). 

Cara pengobatannya tentu gigi harus dirawat dengan perawatan syaraf (disebut juga perawatan saluran akar/endodontik). Perawatan ini umumnya tidak selesai dalam satu kali kunjungan jadi pasien harus disiplin dalam mematuhi jadwal yang telah ditentukan untuk kunjungan berikutnya. Ada baiknya pasien cukup kritis saat sedang dirawat, dengan cara meminta penjelasan dari dokter gigi mengenai tahapan perawatan yang dilakukan. Hal ini untuk mencegah kesalahpahaman, karena banyak pasien yang enggan kembali lagi memenuhi kunjungan berikutnya karena gigi sudah tidak ada keluhan padahal perawatan belum sepenuhnya selesai. Perawatan yang tidak sempurna dapat menyebabkan gigi tersebut berpotensi untuk mengalami infeksi kembali di kemudian hari.

Baca juga artikel terkait :

- Infeksi Gigi

Menghindari Abses Gigi

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Smeoga Bermanfaat.

16 Sep 2019, 20:01 WIB