Otot Kaku Pasca Stroke

Info Penanya, pria 52 Tahun

saya penderita stroke hampir lima tahun sudah bisa bergerak tapi otot terasa kaku sebelah kiri itu yang menjadi hambatan .. selama ini sy tidak berani cek kedoter/rumah saki karena keuangan. mohon sara dokter agar otot menjadi lemas/sembuh . sy tidak tidak mengidap penyakit lain......? terimakasih

17 Sep 2019, 09:50 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kami mengerti rasa kekhawatiran Anda. Kami khawatir keluhan Anda berkaitan dengan riwayat stroke yang pernah Anda alami. Penyakit stroke dapat menyerang jalur saraf motorik, sensorik ataupun autonom. Keluhan Anda seperti lemas, kram, kaku termasuk dalam jalur saraf sensorik dan motorik. Memang untuk perbaikan dari sel saraf tidak dapat diprediksi, jadi memang sulit untuk diketahui apakah dapat baik kembali atau tidak. Yang dapat dilakukan adalah fisioterapi untuk meningkatkan kualitas hidup. Otot yang kaku/lemah sebaiknya dilatih untuk mempertahankan kekuatan otot.

Namun, ada banyak penyebab otot terasa pegal dan kaku. Keluhan yang terjadi pada kelainan otot diantaranya adalah kelemahan, spastis (kaku), myoklonus, myalgia. Penyakit neuromuskular yang melibatkan saraf dan otot memang dapat mempengaruhi kontrol saraf terhadap otot di lokasi tertentu.

Untuk mengetahui kelainan yang mungkin terjadi haruslah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan penunjang tambahan seperti pemeriksaan darah (level kreatinin kinase) dan electromyography (mengukur aktivitas listrik di otot). Pada beberapa kasus, mungkin biopsi otot dibutuhkan untuk menegakkan kemungkinan abnormalitas DNA (genetik).

Guna evaluasi lebih lanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis saraf.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

17 Sep 2019, 09:50 WIB