Kompres Hangat untuk Kaki Terkilir

Info Penanya, pria 26 Tahun

Terimakasih atas jawaban dokter td, nah Lanjutan Dr jawaban dokter td, langkah selanjutnya ny dok setelah kompres air dingin / es batu, sy liat di internet dikompres air hangat dok kaki yg terkilir setelah dikompres es batu, bnr nggk ya dok, kalau bnr gimana aturannya ya dok?

18 Sep 2019, 11:12 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar kompres untuk kaki terkilir melalui Tanya Dokter.

Kompres dingin disarankan untuk terapi dari cedera akut, karena sangat berguna untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Kompres dingin paling baik digunakan saat akut, yaitu kurang dari 48 jam setelah kejadian. Bagaimana cara membuat kompres dingin? Ambil handuk yang telah dibasahi lalu letakkan beberapa es batu di atasnya. Lalu, letakkan di atas bagian tubuh yang baru saja mengalami cedera.

Kompres hangat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi dan dapat membantu mengatasi demam. Pada saat demam terjadi peningkatan suhu tubuh di atas batas suhu normal, yaitu 37,5 derajat celsius. Demam terjadi karena adanya gangguan pusat pengaturan suhu tubuh yang disebabkan karena kuman, peradangan atau dehidrasi. Nah, kompres hangat membuat tubuh menginterpretasi bahwa suhu di luar lebih panas dibandingkan suhu tubuh, sehingga tubuh melakukan mekanisme berupa penurunan suhu tubuh. Selain itu, kompres hangat akan membuat pembuluh darah mengalami pelebaran sehingga mempermudah pengeluaran panas dari dalam tubuh.

Kesimpulannya, terapi panas, misalnya dengan kompres (heating pad) ataupun mandi air hangat, cenderung lebih tepat untuk mengurangi sendi yang nyeri dan otot yang lelah. Hal ini disebabkan karena panas dapat memperbaiki sirkulasi dan mengantarkan nutrisi terhadap sendi dan otot yang bermasalah.

Terapi kompres hangat dan dingin dapat membantu menghilangkan nyeri, kekakuan dan pembengkakan pada sendi lutut. Untuk derajat nyeri yang cukup berat atau pada kasus yang terjadi secara kronik, mungkin terapi dingin dan panas tidak cukup untuk meredakan nyeri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsultasikannya pada dokter.

Lain halnya dengan derajat nyeri yang lebih ringan, terapi hangat atau dingin dapat menjadi solusi yang mudah dan praktis untuk dilakukan sendiri di rumah. Bereksperimen terhadap beberapa jenis terapi hangat dan dingin, bahkan kombinasinya, mungkin diperlukan untuk menemukan jenis terapi yang memberikan peredaan nyeri terbaik untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar kompres hangat untuk kaki terkilir, semoga bermanfaat.

18 Sep 2019, 11:12 WIB