Gejala Tuberkulosis

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Dok saya punya teman nama nya si A. Kata teman saya si B si A ini terkena TBC. Dia sering batuk batuk. Tapi batuk batuk nya tidak terlalu parah. Dan kalau di lihat dari internet ciri ciri TBC dia tidak memenuhi ciri ciri orang yang terkena TBC. Cuma batuk nya tidak sembuh sembuh. Yang saya tanyakan apakah teman saya itu terkena TBC atau tidak ? Dan jika iya apa saja ciri ciri sebenarnya orang yang terkena TBC ?

24 Sep 2019, 10:25 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai penyebab sering batuk.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Batuk yang Anda alami dapat berkepanjangan dapat juga disebabkan karena faktor psikologis ataupun lingkungan. Saat ini, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat Anda menjadi sering batuk, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb. Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada diri Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut. Seringkali batuk tersebut diakibatkan karena alergi terhadap hal-hal tertentu. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu menghindari setiap kondisi yang menyebabkan batuk.

Jika keluhan batuk semakin dirasakan menganggu aktivitas Anda, kami sarankan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian infomasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

24 Sep 2019, 10:25 WIB