Infeksi paska operasi

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Halo, saya mau bertanya terkait sembelit yang dialami pasien pasca operasi abses perianal. Juni 2019 lalu, saya melakukan operasi abses perianal, dan sudah sembuh seperti sedia kala. Tapi pada bulan September ini, saya mengalami sakit luar biasa di anus bagian kanan saya. Setelah berkonsultasi ke dokter bedah yang mengoperasi saya, beliau mengatakan bahwa saya mengalami sembelit sehingga infeksi kembali terjadi. Jadi, dokter pastikan abses saya tidak kambuh kembali. Masalahnya, saya sudah 5 hari ini demam tinggi, dan mengalami sakit luar biasa di anus bagian kanan. Posisi sakitnya juga bukan di luar/permukaan kulit. Tapi di anus bagian dalam. Saya tidak bisa duduk, bahkan saya hanya bisa tidur itupun dalam posisi miring. Dokter memberikan saya obat Laxadine untuk mengatasi sembelit, tapi obat tersebut tidak mempan. Dokter juga meminta saya mengkonsumsi buah dan sayur, dan sudah saya lakukan sesuai perintahnya. Sekiranya apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi penyakit saya ini? Karena saya sudah seminggu lebih tidak masuk kuliah. Terimakasih banyak.

23 Sep 2019, 10:56 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya seputar infeksi paska operasi melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Dari keterangan yang Anda berikan, dokter sebelumnya telah menyatakan bahwa terjadi infeksi terhadap Anda. Bila demikian, infeksi tersebut harus diatasi terlebih dahulu agar dapat diketahui apakah penyebab dari keluhan Anda akibat infeksi tersebut atau hal lainnya. Untuk mengatasi infeksi, biasanya dokter akan memberikan obat berupa antibiotik, anti nyeri, dan mungkin juga pereda panas. Kebersihan area yang infeksi juga harus dijaga untuk mengoptimalkan penyembuhan. Ikuti anjuran sesuai dokter, bila keluhan menetap lakukan kontrol ulang agar dievaluasi lebih lanjut.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai infeksi paska operasi. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

23 Sep 2019, 10:56 WIB