Kulit kering dan bintik merah

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Dok saya mau tanya. Saya kan beli cream dokter yang udah terkenal.harganya juga lumayan, manfaat cream itu sendiri kan buat ngilangin bintik2 kecil atau beruntusan diwajah. Pas pertama saya pake bersih cuman akhir2 ini kulit saya kering terus ada bintik2 merah. Saya tanya dokternya katanya faktor cuaca. Itu kenapa yah dok apa aku lanjutin pake cream atau engga?

23 Sep 2019, 10:57 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai kulit kering dan bintik merah melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Bintik merah seperti apa? Dan dimananya? Bila keluhan ini terjadi setelah menggunakan cream tersebut, sebaiknya dihentikan. Lakukan konsultasi ulang.

Untuk mengatasi kulit yang kering, Anda dapat menggunakan cream berpelembab, pilihlah sabun berpelembab jangan antiseptik, hindari mencuci muka dengan air panas, perbanyak konsumsi cairan, jangan lupa menggunakan tabir surya. Anda dapat pula menggunakan masker wajah. 

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.  Sebaiknya, Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk keluhan tersebut sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penyebab dari keluhan Anda dapat ditangani.

Berikut beberapa bacaan yang dapat menambah informasi :

9 Kiat Atasi Kulit Wajah Kering dan Kasar Saat Ibadah Haji

Jika Tak Mau Kulit Kering, Jangan Lakukan Ini

Tips Cegah Kulit Kering Saat Perjalanan Panjang dengan Pesawat

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar kulit kering dan bintik merah. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

23 Sep 2019, 10:57 WIB