Obat penyakit prostat

Info Penanya, pria 54 Tahun

Dok, obat untuk penyakit prostat itu apa ya?

26 Sep 2019, 07:46 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai obat penyakit prostat melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak mengelilingi leher dari kandung kemih bagian bawah dan di uretra (saluran kemih). Fungsi dari prostat adalah memproduksi cairan prostat yang merupakan cairan utama dari semen ketika pria ejakulasi. Ada 3 kondisi yang dapat terjadi pada prostat yaitu :

1. Pembesaran prostat (Benign Prostatic Hyperplasia/BPH)

2. Prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat)

3. Kanker prostat

Gangguan prostat dapat ditandai dengan gejala obstruktif dan iritatif. Gejala obstruktif meliputi stream (gangguan pancaran aliran kencing), voiding (perlu mengedan ketika kencing), hesitancy (jika sudah ingin merasa kencing, air kencing tidak dapat segera keluar), intermitency (air kencing terputus-putus), incomplete bladder emptying (tidak lampias), incontinence (mengompol). Gejala iritatif ditandai dengan urgency ( tidak dapat menahan kencing), nocturia (jumlah kencing di malam hari meningkat), dan diuria (jumlah kencing di siang hari meningkat).

Jika terjadi masalah atau gangguan pada prostat, maka penanganan yang dapat diberikan dokter adalah pemberian obat atau operasi. Namun untuk penanganan yang tepat, perlu diketahui terlebih dahulu kondisi yang mana terjadi. Kami sarankan untuk memeriksakan keluhan Anda terlebih dulu kepada Spesialis Urologi.

Kenali Gejala Kanker Prostat yang Dialami Arswendo Atmowiloto

Mengenal Tanda dan Gejala Infeksi Prostat pada Pria

Pembesaran Prostat, Haruskah Dioperasi?

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar obat penyakit prostat. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

26 Sep 2019, 07:46 WIB