Perkembangan janin usia 7 minggu

Info Penanya, wanita 29 Tahun

Ass , dok saya mau tanya d usia kehamilah 7 minggu masih wajar atau tidak ya klo blm terlihat janin nya tp klo kantungnya sudh terlihat Makasih dok

26 Sep 2019, 08:10 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai perkembangan janin melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Dalam kondisi yang anda alami, kami belum dapat menyimpulkan pasti karena pemeriksaan USG sangat bergantung pada sang pemeriksa.

Pada umumnya, kehamilan 4 minggu kantung kehamilan (yolk sak) sudah dapat terlihat melalui USG transvaginal, pada usia 5 minggu janin sudah tampak pada kantung kehamilan dan semakin jelas pada bulan-bulan sebelumnya. Pada usia kehamilan minggu ke 7 seharusnya pada pemeriksaan USG didapatkan adanya kantung kehamilan dan janin di dalamnya. Jika pada kasus Anda belum ditemukan adanya janin, sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan kembali.

Belum terlihatnya janin pada usia 7 minggu merupakan indikasi adanya gangguan pada perkembangan janin, untuk itu sebaiknya Anda memeriksaan kandungan Anda setiap bulannya kepada dokter kandungan.

Bila benar tidak adanya pertumbuhan janin pada kantong dinamakan sebagai blighted ovum.

Blighted ovum merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Biasanya diagnosa blighted ovum sudah ditegakkan pada kehamilan trimester 1 dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan USG transvaginal pada kehamilan 6-7 minggu, karena pada saat itu kehamilan sudah agak besar 16 mm sehingga terlihat lebih jelas. Untuk menegakkan diagnosis blighted ovum perlu dilakukan pemeriksaan USG yang berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada pertumbuhan janin di dalam kantong kehamilan, sehingga Dokter Kebidanan Anda tidak sampai salah diagnosis. Apabila setelah di USG transvaginal ulang, kantung kehamilan Anda kosong tidak berisi janin maka Anda akan dianjurkan untuk dilakukan kuret untuk membersihkannya. Adapun kehamilan berikutnya sebaiknya ditunda selama 2-3 siklus menstruasi untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim setelah tindakan kuretase.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai perkembangan janin. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

26 Sep 2019, 08:10 WIB