Rambut rontok dan berketombe

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok kenapa semenkak sy SMA rambut sya Rontok Dan Mudah Rontok apabila di sisir dan rambutku berketombe? Apakah saling ketetkaitan ? Dan Apa Supaya Menebalkan Rambut tambut

26 Sep 2019, 07:46 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai rambut rontok dan berketombe melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.  

Seperti apa yang Anda alami, ketombe memang seringkali menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi ketombe. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid, krim ketokonazol, atau krim pragmatar.

Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat. Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala (ketombe), anemia, demam, sakit tifus, defisiensi zat besi ataupun akibat perawatan rambut yang salah.

Tentu saja rambut akan tumbuh kembali setelah ketombe tersebut sudah teratasi. Untuk membantu pertumbuhan rambut Anda, lakukan beberapa tips di bawah ini: 

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari.

Ketahui 5 Penyebab Rambut Rontok

Kenapa Rambut Rontok Berlebih Meski Masih Remaja?

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar rambut rontok dan berketombe. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

 

26 Sep 2019, 07:46 WIB