Pusar anak berair

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok saya mau tanya,anak saya umurnya sdh 3 bln tapi pusarnya blm kunjung kering dan sembuh. Berair dan tengah2 pusat kluar benjolan. Itu bahaya Gk y dok dan bagaimana cara penyembuhan nya Krn saya tkt ntar jd sarang msknya kuman. Terima kasih dokter.

26 Sep 2019, 07:46 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai pusar anak berair melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Pusar bayi yang terus-menerus berair dan adanya keluhan lain bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

Infeksi jamur

Infeksi jamur pusar ditandai dengan gatal yang menyakitkan dan rasa terbakar. Infeksi jamur yang sering terjadi diakibatkan oleh jamur candida. Candida Albican tumbuh dengan baik pada udara hangat, daerah lembab seperti saluran kemih, mulut, hidung dan pusar.

Infeksi bakteri

Keringat, sabun dan substansi lain yang mengumpul di dalam rongga pusar dapat menjadi wadah bakteri untuk berkembang biak. Keluhan penyertanya antara lain adanya cairan kuning dari pusar, nyeri dan pusar membengkak. Akumulasi nanah dari jaringan yang meradang sekitarnya dapat membuat pusar berbau busuk. Bau ini disebabkan oleh keberadaan bakteri anaerob.

Patent urachus

Tabung urachus adalah tabung kecil menghubungkan kandung kemih janin ke tali pusat. Dalam beberapa kasus, tabung urachus mengalami kegagalan dalam menutup setelah lahir sehingga menyebabkan patent urachus.

Penangannnya tergantung dari penyebabnya, oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebabnya. Jika diakibatkan jamur akan diberikan obat anti jamur, jika penyebabnya adalah bakteri akan diberikan salep antibiotik dan bilasan air hangat sebelum diberikan salep. Untuk penanganan patent urachus diperlukan penanganan operasi.

Bagaimana Menjaga Kebersihan Pusar?

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar pusar anak berair. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

26 Sep 2019, 07:46 WIB