Anak batuk sudah 2 bulan

Info Penanya, pria 5 Tahun

Anak sy sudah 2 bulan batuk tidak kunjung sembuh itu knp ya pdhl sudah ke dokter spesialis anak , obatny sudah minum teratur tp msh blm ada perubahan.brt badan normal tdk ada perubahan..apakah ini bahaya ya dok?

26 Sep 2019, 07:46 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai anak batuk sudah 2 bulan melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Usia berapakah Anak Anda? Sudahkah anak dilakukan pemeriksaan penunjang seperti darah ataupun rontgen?

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. Batuk juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Batuk yang anak Anda alami dapat dikategorikan sebagai Batuk Kronik Berulang (BKB) karena sudah berlangsung lebih dari 14 hari. BKB dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, alergi, atau asma. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing.

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi. dapat disertai keluhan bersin di pagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak.
  • Asma, penyakit gangguan saluran pernapasan yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten yang disebabkan penyempitan otot saluran pernapasan akibat peradangan dan produksi lendir berlebihan. Asma merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara permanen, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat. Beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan asma adalah: Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang), Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik), Asap rokok, Refluks gastroesofagus (sering muntah), Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma.
  • Infeksi, seperti tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi mikoplasma, infeksi sinus, dan sebagainya
  • Bronkitis, yaitu radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru

Bila kondisi Anak tidak membaik, lakukan kontrol ulang untuk mencari penyebab lain dari kondisi Anak Anda.

Cara Tepat Atasi Batuk pada Anak 

Perlukah Rontgen Dada Saat Anak Batuk?

Anak Sering Batuk, Apakah Pasti Akibat Alergi?

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar batuk. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

26 Sep 2019, 07:46 WIB