lendir kecoklatan pada vagina

Info Penanya, wanita 37 Tahun

Selamat pagi dok. Saya mau tanya. Ada lendir yang berwarna coklat yang keluar dari vagina.. Itu apa ya dok. Berbahaya kah?? Terima kasih

27 Sep 2019, 10:48 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar lendir kecoklatan vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Jika dari pernyataan anda, kemungkinan cairan tersebut adalah keputihan. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan terdiri dari dua macam, fisiologis (alami) dan patologis (kelainan). 

Keputihan alami adalah keputihan yang masih bersifat normal. Karakteristik dari keputihan ini antara lain berjumlah sedikit, cair, bening, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal. Keputihan alami dapat terjadi karena perubahan hormonal selama siklus haid, stres, kehamilan, alat kontrasepsi, dan aktivitas seksual.

Sementara itu, keputihan kelainan adalah keputihan yang tidak normal. Keputihan ini bersifat bau, gatal, dan jumlahnya cukup banyak. Penyebabnya bisa karena proses infeksi, alergi, benda asing, atau tumor di saluran reproduksi.

Keputihan dapat disebabkan oleh proses normal tubuh maupun oleh infeksi. Keputihan akibat infeksi paling sering disebabkan oleh tiga jenis mikroorganisme: jamur kandida (kandidiasis), bakteri (vaginosis bakterial dan klamidiasis), dan protozoa (trikomoniasis). Infeksi pada vagina ini dapat disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada area vagina, ketidakseimbangan kuman pada vagina (baik akibat obat-obatan maupun hormon), dan hubungan seksual.

Untuk memastikan keadaan anda, sebaiknya segera periksakan dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

27 Sep 2019, 10:48 WIB