Ingin Merapihkan Gigi Dengan Kawat Gigi

Dok usia 26 tahun gigi depan sya berjenjang (jarang) saya berencana memasang kawat gigi. Apakah sya haru memsang pada dokter spesialis atau pada dokter gigi biasa? Tapi di kota saya tidak ada dokter gigi spesialis orthodentic

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun27 Sep 2019, 12:16 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar ingin merapihkan gigi dengan kawat gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Posisi gigi yang tidak rata atau posisi maju mundur atau yang bercelah sekalipun harus diperbaiki karena dapat mengganggu kesehatan gigi, jaringan sekitarnya dan juga sendi tulang rahang. Perawatan yang ditujukan untuk mengatasi keadaan ini adalah perawatan orthodonti atau kawat gigi sehingga pada akhirnya akan tercapai posisi gigitan gigi rahang atas dan bawah yang normal dalam lengkung rahang serta secara otomatis nilai estetik pasien juga dapat terikoreksi.

Semua prosedur dari tahapan perawatan orthodontik ada standar operasionalnya. Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan secara langsung kondisi gigi Anda ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis orthodonti agar dapat dipemeriksaan secara langsung serta dipastikan perawatan terbaik yang perlu dilakukan. Namun perlu diingat pada kasus-kasus tertentu atau kasus yang sulit hanya bisa dikerjakan oleh dokter gigi spesialis orthodonti.

Baca juga artikel terkait :

Mengenal Perawatan Orthodontik

Pasang Behel di Tukang Gigi, Ini Risikonya!

Dampak Negatif Kawat Gigi yang Perlu Anda Tahu

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Merapihkan Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Ingin Merapihkan Gigi Tumpang Tindih Dengan Behel

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Memundurkan Rahang Atas Dengan Headgear

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Gigi Tidak Rapi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Gigi Gingsul Yang Tumbuh Tidak Sesuai

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk