Kemungkinan hamil

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok boleh jawab?saya 5 hari lalu penis pacar saya menyentuh vagina saya di sekitar clitorus apakah bisa hamil dok walau tidak pernah seks tidak pernah penetrasi kedalam bahkan ejakulasi sengaja diluar?saya takut ada cairan sedikit praejakulasi dok yg lengket mungkin diluar vagina,apakah dia bisa masuk kedalam sendiri dok dan mengakibatkan kehamilan?kebetulan saya telat haid dua hari yg seharusnya tanggal 26 sep,apakah saya hamil dok?saya tidak pernah mual tpi sakit perut ada dok kadang2 mohon pencerahan nya dok

28 Sep 2019, 23:12 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar kemungkinan hamil menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kemungkinan jika tidak dilakukan ejakulasi di dalam vagina dan juga bukan pada masa subur tidak akan terjadi kehamilan. Siklus menstruasi wanita yang normal adalah 21-35 hari jadi jika anda masih dalam durasi tersebut masih belum telat haid.

Pada dasarnya selama sperma yang sehat masuk ke dalam vagina, ada kemungkinan hamil. Terdapat 2 komponen penting dalam proses kehamilan, yaitu

Sel telur wanita. Hanya dikeluarkan 1 kali pada tiap siklusnya, disebut sebagai proses ovulasi. Bertahan 24 jam pada saluran tuba rahim, kemudian akan meleburkan diri jika tidak dibuahi.Sperma. Jika dikeluarkan didalam vagina wanita, akan dapat bertahan hidup hingga 5 hari. Kehamilan dapat terjadi bila ada pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Sperma yang keluar disemprotkan ke dalam vagina wanita nanntinya akan berjalan menuju saluran rahim tempat sel telur menunggu. Kesempatan untuk terjadinya kehamilan adalah pada saat masa subur, yaitu saat ovulasi yang dihitung 14 hari sebelum haid sebelumnya, kemudian ditambahkan 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari ovulasi tersebut.

Jika sperma telah masuk namun tidak pada masa subur, peluangnya kecil untuk terjadi kehamilan, karena tidak ada sel telur yang dibuahi. Kehamilan bisa saja terjadi walaupun Anda baru pertama kali berhubungan seks, terlebih jika Anda melakukannya saat pasangan Anda sedang berada dalam masa subur. Perhitungan masa subur seorang wanita sendiri bergantung dari siklus haid nya. Bagaimana siklus haid Anda selama ini? Untuk memastikannya, kami menganjurkan agar Anda dapat melakukan testpack atau memeriksakan diri lebih lanjut dengan dokter spesaialis kebidanan dan kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kemungkinan hamil. Semoga bermanfaat. Salam

28 Sep 2019, 23:12 WIB