Kualitas sperma dan kemungkinan mendapatkan anak

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Selamat siang Dok, saya sudah menikah 2 tahun lebih, dan sampai sekarang blm dikaruniai anak, apakah krn sperma saya yg kirang baik.? Krn sperma yg keluar selalu berwana bening dan sedikit, bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma tsb, dan berkualitas baik. Terima kasih dok

28 Sep 2019, 23:12 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar kualitas sperma dan kemungkinan mendapatkan anak menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sudahkah anda melakukan pemeriksaan analisis sperma? 

Melalui analisis sperma kita akan mengetahui jumlah sperma, pergerakan sperma apakah aktif bergerak atau diam di tempat, dan bentuk sperma apakah ada gangguan bentuk atau tidak. Semua hal ini tidak dapat diketahui dengan pemeriksaan dengan sekedar melihat sperma dengan mata saja karena memerlukan pewarnaan dan penggunaan mikroskop.

Pada analisis sperma Ciri sperma yang baik atau normal (normospermia) dapat diketahui melalui pemeriksaan analisa sperma dengan ketentuan memiliki jumlah yang normal (N: >20 jt/cc), gerakan normal (N:>50%), dan bentuk sperma normal (N:>30%).

Bila ada abnormalitas dalam analisis sperma, kami sarankan untuk konsultasi kepada dokter urologi atau androlog karena penanganannya bervariasi tergantung kondisi sperma dan penyebabnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kualitas sperma dan kemungkinan mendapatkan anak. Semoga bermanfaat. Salam

28 Sep 2019, 23:12 WIB