Penurunan BB bayi setelah demam dan dehidrasi

Info Penanya, wanita 29 Tahun

Dokter, saya mau bertanya. Saya batu melahirkan anak laki- laki dengan berat lahir 2,5 kg. Lima hari setelah lahir anak saya mengalami penurunan berat badan hinggga berat badannya menjadi 2,1 kg. Saat itupun anak saya mengalami demam. Setelah diperiksa anak saya dikatakan mengalami dehidrasi. Memang selama 1 minggu Asi saya belum banyak yang keluar. Namun tetap saya berikan asi. Lalu saya disarankan untuk menambah asupannya dengan susu formula hingga demamnya turun dan tidak dehidrasi lagi. Karena setelah 1 minggu asi saya sudah lancar jadi susu formula saya batasi. Setelah 13 hari saya timbang berat badan anak saya sudah naik menjadi 2,3 kg. Apakah kenaikan ini masih kurang atau sudah cukup? Karena setahu saya dalam waktu 2 minggu berat badan bayi seharusnya sudah kembali ke berat badan saat lahir..terima kasih penjelasannya.

28 Sep 2019, 23:11 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar penurunan BB bayi setelah demam dan dehidrasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pada pekan pertama setelah kelahiran, bayi biasanya akan mengalami penurunan berat badan hingga 10 persen dari berat lahirnya. Hal ini tergolong wajar.

Di akhir minggu pertama, berat badan bayi akan kembali meningkat dan mencapai berat lahirnya kembali. Hingga usia 3 bulan, berat badan bayi akan bertambah sekitar 150-190 gram per minggunya.

Jika saat ini sudah naik menjadi 2.3 kg, berarti masih belum naik seperti semula saat lahir yakni 2.5 kg. Hal ini akan tergantung dengan adanya infeksi atau tidak pada bayi anda maupun dengan gizinya, sudah lancar atau belum minum ASI nya. Jika memang ASi sudah lancar, diteruskan saja selama mencukupi sehingga tidak membutuhkan formula.

Jika peningkatan berat badan tidak sesuai maupun signifikan, kami sarankan agar anda rutin kontrol ke spesialis anak.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai penurunan BB bayi setelah demam dan dehidrasi. Semoga bermanfaat. Salam 

28 Sep 2019, 23:11 WIB