Fobia

Saya ingin mencabut gigi, namun saya memiliki dental phobia atau takut ketika berkunjung dan mencabut gigi, karena pengalaman sakit saat mencabut gigi di masa kecil. Akhirnya karena perasaan takut ini, tensi saya naik menjadi 140/90 saat diperiksa, dan menjadi normal jika perasaan itu takut hilang. Pertanyaan saya, bagaimana saya bisa mengontrol atau menghilangkan perasaan takut dan dental phobia tersebut, terima kasih ?

Lihat Selengkapnya
pria, 24 Tahun30 Sep 2019, 09:14 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Tekanan darah memang dapat sangat dipengaruhi oleh kondisi psikis seseorang, terlebih ketika sedang merasa khawatir sehingga detak jantung akan menjadi lebih cepat dan memicu meningkatnya tekanan darah.

Fobia pada umumnya disebabkan oleh trauma akan hal tertentu yang dialami di masa lalu. Untuk mengatasinya disesuaikan dengan tingkat keparahan fobia yang dialami. Penanganan terhadap fobia dapat dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan psikolog atau dengan dokter spesialis kejiwaan. Salah satu terapi yang dapat dilakukan adalah terapi perilaku kognitif. Dengan terapi ini dapat membantu mengubah cara pandang dan cara bersikap terhadap hal yang memicu fobia. Selain itu, dengan memaparkan hal yang menyebabkan fobia atau desentisasi juga dapat dilakukan sehingga diharapkan melalui upaya ini dapat membantu mengendalikan fobia yang dialami.

 

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Baca Juga

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Tekanan Darah Tidak Terkontrol dengan Obat

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Pengobatan Hipertensi

Dijawab oleh:dr. Bobtriyan Tanamas

Hipertensi Dalam Kehamilan

Dijawab oleh:dr. Bobtriyan Tanamas

Cara mengontrol tekanan darah

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Kesemutan pada Hipertensi

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk