Paska memencet komedo

Info Penanya, wanita 21 Tahun

dokter saya kemarin sempat memencet komedo didaerah pipi saya, kebetulan saya langsung oleskan pake krim jerawt, tapi ternyata sekarang malah menjadi jerawat yang agak bernanah dan hitam warna pinggirannya, bagaimana ya dokter cara penyembuhannya ?

30 Sep 2019, 09:12 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai paska memencet komedo melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Sangat tidak disarankan untuk memencet komedo, terlebih jika kebersihan alat ataupun jari yang digunakan tidak terjamin. Ketika memencet komedo dapat menimbulkan reaksi peradangan karena pemencetan yang dilakukan. Selain itu, ketika memencet menggunakan jari dapat meningkatkan risiko infeksi karena pada jari terdapat begitu banyak bakteri yang dapat memperberat kondisi peradangan yang terjadi setelah melakukan pemencetan komedo.

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan telah terjadi peradangan dan mungkin infeksi pada luka komedo Anda. Sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung guna melihat kondisi Anda, karena untuk masalah kulit perlu dilakukan secara langsung karena bergantung dengan lokasi, tingkat keparahan dan sebagainya.

Untuk sementara, jaga kebersihan area luka. Rajin mencuci muka 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut, jangan memegang atau menyentuh luka lebih jauh, hindari paparan polusi. 

Cara Jitu Cegah Komedo

Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Apa yang Salah?

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar memencet komedo. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

30 Sep 2019, 09:12 WIB