Haid paska kuret

Info Penanya, wanita 35 Tahun

Sore dok, dok sy mau tanya tgl 11 september sy kuret & ini kuret saya yg ke 3 kuret yg pertama d tahun 2017 kuret ke 2 tahun 2018 ,setelah kuret tgl 12-14 sepetmber darah sudah tdk keluar. Tgl 16 - tgl 19 klwr flek&drh sedikit, tgl 20 klwr drh banyak selama 4 hari sampai ada gumpalan2 kecil, saat kontrol kt dokter sy haid dan rahin sy tdk ada masalah (bersih), pertnyaanya apkah mungkin baru 1 minggu lebih pasca kuret sy haid lg, dan knp sampai skrg kalau sy capek sedikit saja sy keluar flek lg dok, knp bs sprt ini y dok, & apakah sy masih bisa hamil ya dok? Trmksh . .

02 Oct 2019, 09:45 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai haid paska kuret melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kalau boleh tau, apa penyebab Anda dilakukan kuretase kali ini dan sebelum-sebelumnya? Usia berapakah Anda? Adakah riwayat penyakit tertentu? .

Pada umumnya setelah satu minggu dari keguguran dan kuret, darah sudah tidak keluar lagi. Selama, darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak semakin berkurang atau muncul flek yang sering, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk evaluasi lebih lanjut penyebab dari keluhan Anda.

Tindakan kuret tidak memberikan dampak pada tingkat kesuburan. Hal yang terpenting perlu dicermati adalah siklus menstruasi yang ada. Untuk kebutuhan pola asupan, yang terpenting adalah mencukupi kebutuhan nutrisi mendasar yang mendukung proses stabilitas hormon Anda. Vitamin-vitamin, asam folat, omega-3, mineral dan lain sebagainya. Keseimbangan hormonal tidak hanya dipengaruhi dari pola makan, tetapi juga aktivitas olahraga rutin yang menyehatkan dan sesuai kemampuan. Hindari aktivitas olahraga yang terlalu melelahkan.

Fakta tentang Kuret yang Perlu Anda Tahu

Dampak Kuret terhadap Kesuburan Rahim

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar haid paska kuret. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

02 Oct 2019, 09:45 WIB