Rambut rontok paska melahirkan

Info Penanya, pria 27 Tahun

Sore Dok.. Sebelumnya saya mau cerita dulu.. semenjak kelahiran anak ke 2 saya.. setelah anak saya berusia 6bulan saya mengalami rambut rontok sampai benar2 botak Dok.. bahkan alis dan bulu mata jg ikut rontok parah.. yg ingin saya tanyakan.. ini jenis penyakit apa ya Dok? Apakah berbahaya? Sebelumnya saya sudah pernah ke dokter spesialin kulit & kecantikan.. dan dilakukan cek darah tp hasilnya normal.. Keluhan saya selain itu jg sering mengalami sakit kepala disertai mual.. sering jg tengah malam tiba2 menggigil seperti org kedinginan.. Mohon penjelasannya ya Dok.. Terimakasih

02 Oct 2019, 10:35 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai rambut rontok paska melahirkan melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Rambut rontok setelah melahirkan lebih banyak disebabkan karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Pada masa kehamilan terjadi peningkatan hormon estrogen sehingga rambut akan menebal. Namun demikian, setelah melahirkan kadar estrogen akan menurun sehingga rambut akan masuk ke dalam fase istirahat (telogen). Saat fase ini terjadi, rambut yang mengalami kerontokan setiap harinya akan semakin banyak.

Normalnya, rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 100-125 helai dalam sehari. Setelah proses melahirkan, Anda akan mengalami kerontokan rambut sebanyak 500 helai dalam sehari.

Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini tidak akan membuat Anda mengalami kebotakan. Pasalnya, dalam waktu 6 bulan, rambut Anda akan tumbuh dan kembali normal, tetapi tekstur rambut mungkin akan terlihat berbeda.

Jika setelah 12 bulan rambut tidak tumbuh kembali dan kerontokan rambut masih sering terjadi, bawalah diri Anda untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Karena kerontokan yang terjadi secara terus-menerus bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami defisiensi zat besi yang berkaitan dengan kondisi Anda yang baru saja melahirkan.

Yang terpenting, Anda tidak lupa untuk menggunakan sampo dan pelembap rambut guna membuat rambut Anda menjadi lebih bervolume.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut setelah melahirkan, antara lain:  

  • Gunakan sampo yang memberikan kesan rambut lebih mengembang. Biasanya sampo ini mengandung protein yang melapisi rambut, sehingga rambut akan terlihat lebih mengembang.
  • Hindari sampo yang memiliki kandungan pelembap (conditioner). Kandungan pelembap yang berlebihan pada sampo dapat mengakibatkan rambut mudah rontok dan lepek.
  • Gunakan pelembap rambut yang formulasinya khusus dibuat untuk menghaluskan rambut. Jenis pelembap rambut ini biasanya memiliki kandungan pelembab yang ringan.
  • Hindari penggunaan pelembap berlabel “intensive conditioners”, karena pelembap jenis ini sangat berat untuk rambut sehingga dapat menyebabkan rambut semakin rontok.

Rambut Rontok Terus? Jangan-jangan Anemia!

Ketahui 5 Penyebab Rambut Rontok

Kiat Memperbaiki Alis Rontok

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar rambut rontok paska melahirkan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

02 Oct 2019, 10:35 WIB