Vagina Bengkak dan Nyeri

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Selamat malam dok, saya mahasiswa berumur 19 thn. Dok beberapa hari ini bibir vagina sebelah kanan saya membengkak, sakit saat ditekan, dan ketika saya mencoba mengangkat kaki saya, vagina saya terasa nyeri dok. Beberapa hari sebelumnya selangkangan saya ada ruam merahnya karena vagina saya terlalu lembab dok. Saya bingung kenapa vagina saya tiba tiba membengkak dan nyeri dok. Tolong jawab pertanyaan saya ya dok. Saya butuh pencerahan dok.. Terimakasih banyakk..

03 Oct 2019, 09:56 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar vagina bengkak dan nyeri melalui Tanya Dokter.

Bengkak pada mulut vagina dapat disebabkan oleh beberaa hal seperti reaksi alergi terhadap penggunaan kondom, infeksi kelenjar bartholini dan lain sebagainya.

Pada Penggunaan kondom dapat menyebabkan alergi baik pada pihak laki-laki ataupun perempuan, namun kejadian tersebut sangat jarang terjadi. Gejala ringan yang dapat timbul pada alergi kondom adalah rasa gatal, kemerahan, dan bengkak pada wilayah kontak dengan kondom. Gejala lebih berat yang dapat muncul adalah gatal, kemerahan, dan bengkak pada seluruh badan hingga kesulitan bernapas. Pengobatan yang diberikan dapat berupa pemberian obat antialergi seperti obat golongan antihistamin untuk mengurangi gejala.

Penyebab lain yang lebih sering terjadi pada pembengkakan daerah vagina adalah karena infeksi dari kelenjar Bartholin yang memang berada disekitar vagina atau dapat pula disebabkan oleh karena adanya kista Bartholin yang terinfeksi. 

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina.

Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses(berisi nanah).

Penanganan infeksi/kista bartholini bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista. Apabila kista berulang kali kambuh setelah diterapi maka kelenjar bartholin dapat diangkat dengan operasi / laser.

Untuk memastikan penyebab dari pembengkakan vagina yang Anda alami, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan secara langsung. Dengan demikian, diagnosis penyebab keluhan dapat diketahui dan Anda dapat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar vagina bengkak dan nyeri, semoga bermanfaat.

03 Oct 2019, 09:56 WIB
6 Penyebab Vagina Bengkak Setelah Bercinta (plenoy-m/Shutterstock)
Info Sehat
6 Penyebab Vagina Bengkak Setelah Bercinta
Penyebab Keputihan Menggumpal yang Jarang Disadari (Suriya-Yapin/Shutterstock)
Info Sehat
Penyebab Keputihan Menggumpal yang Jarang Disadari
Tanya Dokter
Benjolan Putih di Vagina dan Keputihan
Kecantikan Area Kewanitaan Bantu Wanita Lebih Percaya Diri (Foto: Andalan Feminine Care)
Info Sehat
Kecantikan Area Kewanitaan Bantu Wanita Lebih Percaya Diri
Tanya Dokter
Apakah Benjolan Putih pada Vagina Berbahaya?
Tanya Dokter
Apakah Benjolan Putih pada Vagina Berbahaya?
Tanya Dokter
Apakah Benjolan Putih pada Vagina Berbahaya?
Tanya Dokter
Apakah Benjolan Putih pada Vagina Berbahaya?
Bolehkah Waxing Vagina Sebelum Melahirkan? (Elena-Medoks/Shutterstock)
Info Sehat
Bolehkah Waxing Vagina Sebelum Melahirkan?
Ini Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil setelah Melahirkan (VGstockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil setelah Melahirkan