Kebiasaan Membunyikan Jari

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Malam dok, mau tanya. Semenjak beberapa bulan lalu, saya nggak bisa berhenti "cracking knuckles" jari-jari tangan. Kalo nggak crack knuckles rasanya gak karuan, tapi juga nggak bisa hilang kecuali kalo abis tidur. Ini mengganggu sekali soalnya saya tidak bisa ngetik dan nulis karena harus cracking ruas-ruas jemari saya. Saya pernah cari-cari di internet apakah ada hubungannya dengan OCD? Mohon pencerahannya harus konsultasi dokter bidang apa.

03 Oct 2019, 09:56 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar kebiasaan membunyikan jari melalui Tanya Dokter.

Mengenai keluhan Anda yang sering membunyikan sendi seperti sendi jari-jari sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan cedera, peradangan dan bengkak pada sendi dan otot di sekitar nya. Selain itu gerakan membunyikan sendi tidak ada bukti medis yang merekomendasikannya.

Jika permasalahan yang dimiliki adalah keluhan nyerinya sendi-sendi akibat kebiasaan ini, Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis ortopedi/tulang. Namun jika kekhawatiran yang dimiliki adalah karena kebiasaan ini mulai mengganggu aktivitas Anda, Anda dapat berkonsultasi ke psikiater/dokter spesialis kesehatan jiwa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

03 Oct 2019, 09:56 WIB