Gigi Berlubang Pada Anak

Malam dok, sya ayah dr anak perempuan berumur 2th, mau menanyakan perihal seputar kesehata gigi, gigi ank sya kena karies dan berlubang krna masih minum susu di botol, setiap hr sudh sikat gigi juga tp blm bisa hilang, sya menemukan seperti benjolan kecil di gusi anak saya pas bagian depan, itu apa ya dok? Apakah berbahaya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada obatnya supaya benjolannya bisa kempes?

Lihat Selengkapnya
wanita, 2 Tahun04 Okt 2019, 09:54 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi berlubang pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang berlubang pada anak, tentunya akan menyebabkan anak mengalami kesulitan saat mengunyah makanan. Apabila kejadian ini berlanjut, bisa berujung pada penurunan nafsu makan dan dalam jangka panjang anak dapat mengalami kurang gizi. Selain itu infeksi dari gigi berlubang yang tidak dirawat bisa berlanjut ke jaringan lunak dapat menyebabkan terjadinya abses (seperti bisul/benjolan berisi nanah) seperti yang anda lihat pada gusi anak anda. 

Penanganan nya Segera periksakan ke dokter gigi agar dapat ditangani oleh dokter Anda sedini mungkin. Dokter gigi akan memberikan resep obat untuk menyembuhkan abses terlebih dahulu. Meski akan digantikan dengan gigi tetap/permanen, gigi susu yang berlubang harus tetap dirawat karena gigi susu berfungsi sebagai panduan untuk pertumbuhan gigi tetapnya nanti.

Dokter akan menjelaskan berbagai alternatif yang sesuai dengan masing-masing kasus untuk penanganan lubang gigi pada anak. Bergantung pada tingkat keparahan kasus, perawatannya dapat berupa tindakan pencegahan, penambalan, atau perawatan syaraf jika infeksi sudah mencapai rongga syaraf gigi (pulpa gigi). Jika gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi maka terpaksa dilakukan pencabutan.

Baca juga artikel terkait :

Anak Sakit Gigi, Ini Cara Mengatasinya

5 Faktor Penyebab Karies Gigi Anak

Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Bau Mulut Pada Anak Usia 2 Tahun

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Perkembangan Gigi Anak Usia 13 Bulan

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Penggunaan Teeth Trainer, Efektifkah?

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Pindah Dokter Karena Kesibukan

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Mengatasi Gigi Berlubang

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk