Berbahayakan Kaki Kram Setelah Operasi Usus Buntu?

Info Penanya, pria 6 Tahun

anak saya baru saja menjalani prosedur operasi uaus buntu.. namun telapak kakinya sering mengalami kram. dan berwarna pucat. apakah berbahaya

05 Oct 2019, 00:37 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com terkait pertanyaan kaki kram setelah operasi usus buntu. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, Sudah berapa lama sejak operasi anak Anda? proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi usus buntu juga bergantung pada prosedur, pemenuhan nutrisi, dan faktor psikologis setiap individu.

Rasa nyeri yang dirasakan biasanya pada daerah sekitar luka operasi dan dapat diakibatkan karena rasa nyeri pasca operasi, namun rasa nyeri juga dapat diakibatkan oleh kelainan lainnya. Dalam jangka waktu 2 minggu luka operasi baik di kulit maupun di dalam belum sembuh dengan sempurna. Namun, biasanya tidak terjadi kram di kaki

Kram pada kaki atau tangan dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila). Ini yang terjadi pada Anda dan merupakan hal yang normal.
  • Kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar.
  • Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan)
  • Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitusUntuk menghindari kram pada kaki, Anda dapat mencoba untuk olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di kakia, lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).  

Demikian informasi ini kami sampaikan terkait pertanyaan kaki kram setelah operasi usus buntu, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

05 Oct 2019, 00:37 WIB