Bagaimana Bisa Hamil Jika Ejakulasi Dilakukan Diluar Vagina

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Hallo dok, maaf saya mau bertanya Disini saya sudah telat haid satu Minggu . Saya tidak merasakan gejala orang hamil, saya hanya merasa payudara saya sensitif . Ketika saya melakukan tespek sampai 4kali hasilnya positif tapi samar semua padahal itu tespek ganti ganti merk dan berbeda hari . Suami saya juga ejakulasi diluar tapi kok bisa hamil ya dok ? Dan itu saya dan suami melakukan nya hampir setiap hari jadi sperma itu / air mani itu tidak kental . Tolong dijawab ya dok . Terimakasih

09 Oct 2019, 09:40 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Kehamilan akan terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina). Kemungkinan hamil meningkat jika berhubungan saat masa subur. Pada saat berhubungan seksual sebelum mengeluarkan sperma, pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat.

Mengeluarkan sperma di luar vagina tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina sebelum penis ditarik keluar, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur. 

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar kehamilan, semoga bermanfaat.

09 Oct 2019, 09:40 WIB