Sakit Kepala dan Mata yang Merah

Info Penanya, pria 14 Tahun

Halo dok, saya mau tanya. Warna wajah saya akhir2 ini berubah menjadi hitam dan mata saya berwarna merah. Gejala lain juga saya mengalami sakit kepala dan mungkin agak kesemutan di kepala. Selain itu mata merah dan wajah terlihat lemas . Itu gejala apa ya dok? Mohon penjelasanny. TERIMAKASIH

09 Oct 2019, 09:40 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar sakit kepala dan mata merah melalui Tanya Dokter.

Nyeri kepala sebelah yang berat disertai dengan gangguan pada mata sebelah (unilateral) dapat terjadi pada cluster headache. Ciri-ciri nyeri kepala kluster adalah nyeri kepala berat atau sangat berat pada daerah orbital (sekitar mata) atau temporal (pelipis), yang hilang dalam 15-180 menit, jika tidak diobati, dan serangan sakit kepala dapat mencapai 16 kali dalam 48 jam. Keluhan sakit kepala disertai oleh salah satu dari tanda otonom berikut: ptosis (kelopak mata menurun), miosis (pupil mengecil), injeksi konjungtiva (mata merah), lakrimasi (air mata menetes), pilek, dan wajah kemerahan, bengkak, atau berkeringat. Kesemua keluhan tersebut muncul pada satu sisi. 

Nyeri ini dikarenakan oleh pelebaran (vasodilatasi) pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal. Penyebab pastinya tidak diketahui. Nyeri ini dikatakan berhubungan dengan faktor genetik (keturunan) dan berhubungan pada perokok aktif. Apakah Anda merokok?

Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis saraf untuk memastikan diagnosis Anda. Bila diperlukan, akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI kepala. Bila diagnosis sudah pasti, maka dapat ditentukan apakah berbahaya atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sakit kepala dan mata merah, semoga bermanfaat.

09 Oct 2019, 09:40 WIB