Garis Vertikal di Perut

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dok saya mau tanya kok dari dulu di perut kok ada garis vertikal di ats pusar dan di bawah payudara ya.gimana cara menghilangkannya

09 Oct 2019, 09:40 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar garis vertikal di perut melalui Tanya Dokter.

Untuk bisa menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa informasi yang masih kami butuhkan. Informasi tersebut diantaranya seperti sudah berapa lama garis muncul? warna apa garis vertikal yang dimaksud? Apakah kehitaman, atau karakter lain dari garis tersebut? Apakah Anda sedang hamil atau telah melahirkan sebelumnya?

Garis hitam yang muncul dari bawah pusar  ke pubis disebut dengan linea nigra. Umumnya linea nigra ini muncul pada kehamilan. Garis hitam kecoklatan tersebut berjalan vertikal dari pusar memanjang sampai ke pubis. Garis ini merupakan hiperpigmentasi yang terjadi karena peningkatan produksi dari pigmen melanin yang merupakan akibat dari peningkatan produksi estrogen. Pada wanita yang tidak hamil kemungkinan hiperpigmentasi in idisebabkan oleh melasma atau kehitaman pada kulit akibat peningkatan produksi melanosit yang meningkatkan pigmen melanin. Pemicunya antara lain adalah suplemen estrogen, pil kontrasepsi, kehamilan, hipersensitif terhadap kadar estrogen normal, dan pajanan sinar matahari. 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kulit dakelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung karena memang gangguan pada kulit paling baik didiagnosis dengan melihat ujud kelainan kulit secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar garis vertikal di perut, semoga bermanfaat.

09 Oct 2019, 09:40 WIB