Penanganan Pengguna Narkoba

Info Penanya, wanita 22 Tahun

dokter, saya punya seorang teman dengan jenis kelamin laki laki berusia 22 tahun. teman saya itu seorang pengguna narkoba (cuma saya tidak tau jenis nya apa) dia menggunakan narkoba sejak dia kelas 2 SMP. nah yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara teman saya itu menghilangkan rasa candu dari narkoba tersebut?? soalnya dia sudah coba berhenti tapi dia seperti tidak bisa, efek dari dia sempat stop itu ialah rasa mual2 yang parah mungkin bisa hampir tiap jam dia muntah dokter gara2 tidak tahan dengan rasa mual itu di balik make lagi. mohon di balas dokter. penting banget :(

09 Oct 2019, 16:21 WIB
dr. Bobtriyan Tanamas
dijawab oleh: dr. Bobtriyan Tanamas

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Penanganan pengguna narkoba pada fitur Tanya Dokter

 

Kecanduan narkoba bisa disembuhkan, berikut terapi yang dapat dilakukan:

1. Tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi), tahap ini pecandu diperiksa seluruh kesehatannya baik fisik dan mental oleh dokter terlatih. Dokterlah yang memutuskan apakah pecandu perlu diberikan obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat (sakau) yang ia derita. Pemberian obat tergantung dari jenis narkoba dan berat ringannya gejala putus zat.

2. Tahap rehabilitasi nonmedis, tahap ini pecandu ikut dalam program rehabilitasi. Di tempat rehabilitasi ini, pecandu menjalani berbagai program diantaranya program therapeutic communities (TC), 12 steps (dua belas langkah, pendekatan keagamaan, dan lain-lain.

3. Tahap setelah rehabilitasi, tahap ini pecandu diberikan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat untuk mengisi kegiatan sehari-hari, pecandu dapat kembali ke sekolah atau tempat kerja namun tetap berada di bawah pengawasan.

Untuk setiap tahap rehabilitasi diperlukan pengawasan dan evaluasi secara terus menerus terhadap proses pulihan seorang pecandu.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat mendapatkan terapi yang optimal. Selain itu yang terpenting adalah niat yang kuat dari diri Anda. Hindari bergaul atau bertemu dengan sesama pecandu narkoba. 

 

Demikian yang dapat sayasampaikan, semoga bermanfaat

09 Oct 2019, 16:21 WIB