Keluhan Kehamilan Trimester Awal

Info Penanya, wanita 22 Tahun

pagi dok, saya sedang hamil pertama usia trimester awal. saya sering merasa lemas, pusing dan mual juga cepat lelah dok. apalagi kalau habis jalan kaki. apakah itu normal dok? mohon penjelasannya. terimakasih

09 Oct 2019, 16:36 WIB
dr. Bobtriyan Tanamas
dijawab oleh: dr. Bobtriyan Tanamas

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Keluhan kehamilan trimester awal pada fitur Tanya Dokter

 

Trimester pertama adalah masa 3 bulan pertama dalam masa kehamilan. Dimana tubuh Ibu akan banyak berubah dalam 3 bulan pertama kehamilan. Janin berkembang di dalam rahim Ibu, dan akan mulai beberapa kondisi normal yang mengiringi, antara lain:

Perasaan mual

Apabila Ibu mulai merasa mual atau mengalami morning sickness, disarankan Ibu mengurangi makan makanan berlemak, banyak minum cairan, frekuensi makan ditingkatkan namun dalam porsi yang lebih kecil (6x/hari), istirahat teratur, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Bila gejala mual dan muntah Ibu semakin meningkat, kehilangan berat badan, atau dehidrasi (kekurangan cairan), maka kemungkinan Ibu mengalami hiperemesis gravidarum. Segera berkonsultasi dengan dokter kebidanan Ibu.

Nyeri punggung 

Saat hamil seorang perempuan mengalami  banyak perubahan baik secara fisik maupun mental. Dari segi fisik akan mulai timbul keluhan seperti nyeri punggung, nyeri perut atau kembung, leher kaku atau pegal, bahkan kaki bengkak. Melakukan relaksasi dengan beristirahat atau tiduran atau berendam di bak mandi tentu membantu. Saat seperti inilah suami dapat turut mendukung dengan mencurahkan kasih sayangnya melalui pijatan, dimana sekaligus dapat menambah kemesraan yang menenangkan istri selama masa kehamilan.

Lelah

Apabila Ibu mulai sering merasa kelelahan, maka latihan fisik sedang atau olahraga disarankan untuk meningkatkan energi. Cobalah untuk berjalan atau mengikuti kelas yoga. 

Perubahan mood

Ibu mungkin akan mulai merasa moody (sedih di satu waktu dan bahagia di waktu berikutnya), hal tersebut wajar terjadi dan disebabkan oleh hormonal yang berfluktuasi. Saat ini adalah saat yang emosional bagi seorang Ibu yang sedang hamil. Perubahan mood dan keluhan mual sangat mengganggu. Disinilah peran ayah untuk selalu mendampingi sang istri. Perhatikan istri Anda, dampingi selalu, tanyakan keluhannya, dan cobalah mengerti kondisinya. Calon orangtua dapat membaca buku kehamilan bersama-sama untuk mengetahui mengenai apa yang terjadi di kehamilan setiap minggunya.

Sering berkemih

Sering berkemih atau sering bolak-balik ke kamar mandi merupakan tanda umum kehamilan. Hal ini terjadi karena hormon hCG akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul-bagus untuk peningkatan kepuasan seksual selama kehamilan. Selain itu, selama kehamilan efisiensi dari ginjal semakin membaik sehingga membantu tubuh Ibu untuk menyingkirkan sisa produk metabolisme lebih cepat. Selain itu, rahim yang membesar akan mulai menekan kandung kemih, menyisakan tempat yang lebih kecil untuk menampung air seni dan mengakibatkan peningkatan frekuensi berkemih.

Konstipasi dapat terjadi di awal kehamilan.

Sayangnya beberapa keluhan selama kehamilan seperti konstipasi (hambatan pengeluaran dari sisa-sisa makanan yang berkaitan dengan kesulitan BAB akibat tinja yang keras disertai dengan nyeri pada perut.), heart burn (sensasi rasa panas atau rasa tidak nyaman yang dirasakan dibalik tulang dada atau tenggorokan atau keduanya), kembung, bersendawa, dan buang gas yang berkaitan dengan perubahan hormon mulai dirasakan. Progesteron akan merelaksasi otot polos di tubuh Ibu. Sakit kepala juga dapat Ibu rasakan akibat dari peningkatan kadar hormon. Ibu dapat mencegah terjadinya sakit kepala dengan makan teratur, tingkatkan asupan cairan, istirahat dan tidur teratur, serta hindari  stres.

Ibu tidak usah khawatir pada semua kondisi diatas, karena semua kejadian ini normal dialami dalam kehamilan. Seiring dengan bertambahnya waktu, semakin besarnya kehamilan, maka keluhan tersebut perlahan-lahan akan menghilang. Makanlah asupan nutrisi yang bergizi karena trimester pertama adalah masa paling penting di dalam pertumbuhan organ janin (organogenesis). Setiap kehamilan berbeda, dan kehamilan Ibu akan memiliki keunikan tersendiri.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

09 Oct 2019, 16:36 WIB