MP-ASI bayi usia 6 bulan

Info Penanya, wanita 25 Tahun

malem dok, mau tanya klau jadwal mp-asi bayi usia 6 bulan itu kapan saja dok?

09 Oct 2019, 23:01 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar MP-ASI bayi usia 6 bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Pada dasarnya setelah 6 bulan, banyak komposisi nutrisi yang tidak bisa dipenuhi oleh ASI. Hal ini terutama berkaitan dengan kalori, dan zat besi. MPASI bisa Anda buat dari apapun asalkan mengandung kalori, besi, dan zat gizi lain yang cukup. Anda bisa menggunakan tepung terfortifkasi besi atau membuatnya sendiri. Sering salah kaprah adalah ketika orang tua menyamakan MPASI dengan buah. Buah tidak akn mencukupi kebutuhan gizi Anda

Makanan yang diberikan dimulai dari makanan yang lembut dahulu seperti sari buah yang cair atau bubur susu. Makanan pendamping ASI (MPASI) ini dimulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring. Nasi tim biasanya terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam. Ada baiknya nasi tim haruslah melalui proses penghalusan terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan alat blender sebelum diberikan pada bayi. Setelah bayi menginjak usia diatas 10 bulan, nasi tim tidak perlu dihaluskan lagi.

Berdasarkan panduan pemberian MPASI menurut World Health Organization (WHO), bayi usia 6-8 bulan dapat diberi makan utama 2-3 kali per hari, bertahap hingga 3-4 kali per hari pada usia 9-12 bulan. Selain makan utama, 1-2 porsi camilan sehat juga dapat diberikan sesuai dengan nafsu makan anak.

Berikut kami lampirkan beberpa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

09 Oct 2019, 23:01 WIB