Sering mengantuk

Info Penanya, pria 27 Tahun

Dok, Saya kalau pagi-pagi ngantuk, tapi kalau jalan pagi ga ngantuk, setelah jalan pagi ngantuk. Apakah saya kena anemia? Apa karena kurang gerak?

09 Oct 2019, 23:07 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar sering mengantuk melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mudah mengantuk dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya. Anemia merupakan penyebab tersering keluhan lemas. Gejala lainnya adalah mudah lelah, sering mengantuk, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya.

Bila gejala yang Anda keluhkan tidak hilang dengan istirahat, mungkin Anda dapat mencoba untuk mengatur asupan makanan. Asupan makanan yang kurang adekuat sehingga menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan gejala yang anda keluhkan. Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

1. asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah

2. istirahat atau tidur teratur, minimal 7-8 jam sehari

3. berolahraga 3-4x/hari, selama minimal 30 menit setiap sesinya

Untuk memastikan penyebabnya, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin Anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

09 Oct 2019, 23:07 WIB