Perih di Kelamin 10 Oktober 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Perih di Kelamin

Malam dok, saya sudah beberapa hari ini merasakan agak perih di alat kelamin saya. Kalau warna air kencing kuning seperti biasanya hanya saja terasa ingin berkemih terus dan agak terasa perih. Saya coba minum kejibeling masih belum ada perubahan. Gimana y dok?

Lihat Selengkapnya
pria, 30 Tahun10 Okt 2019, 09:42 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan nyeri pada ujung atau daerah kepala penis dapat terjadi akibat suatu penyakit yang dikenal dengan nama balanitis. Balanitis merupakan peradangan pada daerah glans penis (kepala penis). Balanitis sering ditemukan pada laki-laki yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri aerob, anaerob, virus, parasit, dll.

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan diagnosis tersebut. Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab.

Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan smegma dari lapisan bawah kulit preputium. Dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat) jika belum disunat pada penderita balanitis untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bintik Kecil Dikepala Penis

Dijawab oleh:dr. Bobtriyan Tanamas

Gatal akibat Gigitan Serangga di Kelamin

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Benjolan Putih di Batang Penis

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Benjolan di Luar Vagina

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat