Bengkak Karena Sakit Gigi

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Dok saya mau tanya dong, saya kan sakit gigi, tapi rasa nyerinya udh ilang,tapi bengkaknya masih ada,kira² bengkaknya ilang berapa hari ya? Mohon di jawab dok terimakasih

12 Oct 2019, 19:54 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar Bengkak karena sakit gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin bertanya apakah gigi yang sakit itu berlubang atau tidak? Apakah sakit gigi karena pengaruh gigi geraham bungsu yang baru mau tumbuh?

Bila gigi tersebut ada lubang giginya dugaan kami lubang gigi sudah mencapai tempat saraf gigi, yang kemudian infeksi sampai ke bagian pipi sehingga timbul bengkak. Biasanya dokter gigi akan memberikan resep antibiotik lalu setelah bengkaknya hilang dilanjutkan dengan perawatan saraf gigi. 

Namun bila ternyata tidak ada gigi berlubang, dugaan kami adalah pericoronitis yaitu suatu keadaan dimana gusi di sekitar mahkota gigi molar ketiga yang letaknya paling ujung (awam menyebutnya geraham bungsu) membengkak dan mengalami infeksi.

Untuk memastikan penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi agar dapat dilihat kondisinya dapat segera diatasi dengan tepat.

Baca juga artikel terkait :

Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi

Gigi Bungsu

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga dapat bermanfaat.

12 Oct 2019, 19:54 WIB