Perawatan Saluran Akar Yang Terhenti

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Saya mau bertanya dok, sebulan lalu saya diharuskan melakukan bbrp perawatan akar sebelum dilakukannya penambalan gigi, namun karena RS hanya buka di jam 8-12 siang hari kerja, dan bentrok dengan kuliah, saya tidak kembali sampai dengan sebulan. Apakah perawatan 1 sebelum dilakukan perawatan akar 2 harus memiliki rentan waktu yang dekat, semisal hanya seminggu? Jika begitu, jika sudah sebulan seperti ini ketika saya ke RS apakah harus perawatan akar 1 ulang dok? (meskipun tambal sementaranya belum lepas sampai sekarang)

12 Oct 2019, 20:10 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar perawatan saluran akar yang terhenti melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin.

Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa atau kamar saraf gigi, sehingga tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman.

Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Setelah itu gigi ditutup dengan restorasi akhir, berupa tambalan sinar atau mahkota tiruan. Diperlukan beberapa kali kunjungan dalam perawatan ini. Biasanya setiap seminggu sekali Anda harus kembali lagi ke dokter gigi. 

Jika perawatan Anda terhenti, untuk memastikannya perlu dilihat terlebih dahulu kondisinya. Pastikan Anda dapat bekerjasama agar perawatan ini dapat berhasil.

Baca juga artikel terkait :

Perawatan Saluran Akar

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

12 Oct 2019, 20:10 WIB