Gigi Belakang Berlubang Dan Gusi Bengkak

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Hi dok, gigi belakang saya yg bawah berlubang kemudian gusinya bengkak dok. Tetapi saya tidak merasakan sakit di bagian gigi yg berlubang tsb dok. Kira kira langkah yg perlu saya lakukan apa ya dok? Di tambal terlebih dahulu atau dicabut? Mohon sarannya dok, terimakasih

12 Oct 2019, 20:21 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar Gigi belakang berlubang dan gusi bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Pipi yang bengkak dapat disebabkan oleh karena gigi yang berlubang. Dugaan kami anda mengalami abses. Suatu kondisi patologis seperti abses dapat dibedakan menjadi kondisi akut dan kronis, dalam hal ini abses diawali dengan infeksi bakteri sehingga terjadi karies gigi. Bila dibiarkan tanpa perawatan, abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak dan menyebabkan pembengkakan yang cukup besar.

Ada baiknya anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk diperiksa secara langsung dan dapat dilakukan perawatan yang tepat.

Baca juga artikel terkait :

Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Demikian informasi yang dapat diberikan, Smeoga Bermanfaat.

12 Oct 2019, 20:21 WIB