Gigi Bengkak Dan Susah Menelan

Info Penanya, pria 30 Tahun

Dok, sudah sejak dari kemarin pada belakang bawah gigi sebelah kiri saya bengkak dan saya susah nelan dok, saya tidak tau sebabnya cuma ada sedikit tergigit saat saya lagi makan, itu kenapa ya dok ??

12 Oct 2019, 20:33 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi bengkak dan susah menelan melalui fitur Tanya Dokter.

Pembengkakan pada gusi paling belakang akan mengganggu seperti pada kondisi Anda dimana timbul rasa sakit pada saat menelan. Bengkak pada gusi ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan baik karena infeksi/ peradangan dari gigi atau karena masalah lainnya yang  terkait dengan penyakit tertentu. Untuk mengatasinya tentu saja perlu dicari tahu dahulu penyebabnya kemudian baru dapat ditetapkan terapi yang tepat. 

Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui seberapa besar pembengkakan, apakah disertai gejala atau gangguan lainnya, apakah terjadi perubahan warna dan perubahan struktur jaringan, Apakah anda mempunyai gigi geraham bungsu yang impaksi ? apakah ada gigi yang berlubang disekitarnya dan mungkin saja diperlukan juga pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan lab dan pemeriksaan x-ray, lalu kemudian baru dapat ditegakkan diagnosa dan penyebabnya.

Sebaiknya Anda segera periksakan keadaan ini ke dokter gigi, dan tetaplah menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi Anda dengan menyikat gigi 2 kali sehari. Kebersihan ini perlu Anda jaga guna menghindari resiko bertambah buruknya pembengkakan pada gusi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat. 

12 Oct 2019, 20:33 WIB