Gigi Geraham Ditambal Sementara

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok, saya mau tanya. Tadi gigi geraham atas saya baru ditambal di puskesmas menggunakan tambalan sementara, tetapi ketika saya baca2, ternyata orang2 yg giginya ditambal menggunakan tambalan sementara disuruh untuk kembali lagi, sedangkan tadi saya tidak disuruh untuk kembali lagi.. Bagaimana ya dok?

12 Oct 2019, 22:00 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi geraham yang ditambal sementara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan turur prihatin atas kondisi yang dialami. Perawatan yang sedang dilakukan oleh dokter gigi Anda kemungkinan adalah perawatan saluran akar, Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan tersebut dan perjalanan gigi berlubang yang menyebabkan Anda membutuhkan perawatan tersebut. 

Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin. Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa, tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal.

Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Selama proses pembersihan biasanya gigi akan ditutup dengan tambalan sementara agar mudah dibongkar pada pertemuan selanjutnya. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri.

Dibutuhkan beberapa kali pertemuan sehingga dibutuhkan kerjasama antar pasien agar perawatan dapat berhasil. Jika Anda tidak disuruh kembali sebaiknya kembali lagi ke dokter gigi Anda untuk ditambal tetap agar fungsi pengunyahan dapat berjalam dengan baik. Sebab tambalan sementara dapat lepas sewaktu-waktu.

Baca juga artikel terkait :

Perawatan Saluran Akar

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

12 Oct 2019, 22:00 WIB