Menjaga pH Vagina

Dok, bagaimana mengembalikan PH kewanitaan setelah terlanjur konsumsi sabun pembersih kewanitaan selama 10 tahunan. Saya baru menyadari setelah menikah (usia pernikahan 3 tahun), selalu merasakan sakit tiap berhubungan dengan suami. Begitupun ketika dokter cek bukaan lahiran, kewanitaan saya kering/sakit (akhirnya saya SC). Setelah baca artikel bila sabun tersebut tidak disarankan, mohon bantuan dokter penyembuhannnya. Saya sudah konsumsi minuman kolagen (agak membantu walau belum sembuh total). terimakasih dokter.

Lihat Selengkapnya
wanita, 39 Tahun15 Okt 2019, 07:38 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menghentikan penggunaan sabun pembersih kewanitaan tanpa instruksi dokter. Kemudian dapat melakukan beberapa cara berikut:

  1. Bersihkan vulva dengan air hangat. Jika ingin pakai sabun, pilih yang lembut, tanpa pewangi, dan tidak mengandung gliserin.
  2. Ganti pembalut atau tampon sesering mungkin saat sedang haid. Kadar pH darah saat haid bisa mencapai 7,4, yang angka tersebut lebih tinggi dari pH vagina. Pembalut atau tampon yang tidak diganti terlalu lama dapat menyebabkan vaginitis (peradangan pada vagina).
  3. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  4. Hindari menggunakan metode douching.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung bakteri probiotik Lactobacillus acidophilus dapat membantu mencegah infeksi vagina dan menyeimbangkan pH.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Baca Juga

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk