Mimisan Sulit Berhenti

Info Penanya, wanita 33 Tahun

seumur umur blm pernah mimisan dok. tapi udhnhampir 1 bln sempet mengorek hidung ternyata upil keras dan menyebabkan darah, lama kelamaan jd darah kering dlm hidung dikorek berdarah lg dan blm kunjung sembuh dan sangat mengganggu pernafasan, ada masalah apa ya dok?

15 Oct 2019, 07:43 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Ketika mengorek hidung, kemungkinan dapat menyebabkan luka pada rongga hidung sehingga dapat memicu terjadinya perdarahan dan menimbulkan mimisan. Jika proses pembekuan darah pada penyembuhan luka belum selesai dan terjadi luka kembali, maka mimisan dapat muncul kembali. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengorek hidung jika proses penyembuhan belum optimal. Selain itu, perlu diperhatikan apakah ada faktor lain yang dapat memicu proses pembekuan darah menjadi lebih lama, seperti adanya riwayat tekanan darah tinggi atau terdapat gangguan pada faktor pembekuan darah.

Pada saat mimisan, dapat melakukan penekanan pada 1/3 pangkal hidung selama 10 menit dan dapat diulang hingga 3 kali hingga mimisan berhenti dan sebaiknya menghindari mengorek hidung untuk sementara. Namun jika mimisan tidak berhenti atau keluhan semakin memberat, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

15 Oct 2019, 07:43 WIB