Gigi Berubah Warna Kehitaman

Info Penanya, pria 38 Tahun

pagi dok saya mau menanyakan gigi saya berubah warna agak kehitaman padahal saya tidak merokok dan minum kopi .apa ya penyebabnya dok dan harus dikasih apa agar bisa seperti semula kembali

25 Oct 2019, 09:23 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar Gig berubah warna kehitaman melalui fitur Tanya Dokter.

Noda hitam di gigi itu bermacam-macam penyebabnya. Noda Hitam bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu noda hitam akibat Noda atau staining pada permukaan gigi dan noda hitam akibat gigi keropos. Noda hitam yang disebabkan oleh factor makanan, minuman mengandung zat pewarna dan kebiasaan merokok akan meninggalkan noda atau staining di permukaan enamel gigi bahkan bisa masuk ke pori-pori gigi namun tidak mengikis gigi. 

Sedangkan Noda hitam yang tampak mengikis gigi sebenarnya merupakan lapisan dentin gigi (berwarna kuning) yang rusak terinfeksi kuman sehingga mengalami kekeroposan.  Lapisan dentin yang terinfeksi mengadakan proteksi terhadap karies sehingga membentuk lapisan proteksi (reparative dentin) untuk menahan agar kuman tidak menembus ke dalam kamar pulpa (rongga di dalam gigi berisi saraf dan pembuluh darah). Noda hitam jenis ini hanya bisa dibersihkan dengan cara menghilangkan bagian hitamnya dengan bur gigi. Prosedur ini biasa dilakukan oleh dokter gigi, sebelum melakukan penambalan pada gigi tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi agar dapat ditangani dengan segera dan tidak terlanjur menimbulkan sakit gigi.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

Baca juga artikel terkait:

Gigi Menghitam, Apa yang Terjadi?

Gigi berlubang

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

25 Oct 2019, 09:23 WIB