Dosis Terapi Inhalasi

Info Penanya, wanita 30 Tahun

Selamat malam dokter. Saya mau bertanya mengenai takaran alat uap. Jadi sudah 3 hari ini telinga saya terasa seperti budek. Dan sudah beberapa hari ini saya bersin2 terus tapi tidak keluar ingus. Tadi saya sempat menguap wajah menggunakan air garam untuk mengurangi mampat di hidung. Setelah itu, hidung agak sedikit berair dan seperti ada dahak ditenggorokan. Tapi pas saya lap hidung bagian dlm menggunakan tisu agak basah, seperti ada titik darah di tisu. Saya punya alat uap yg tidak pernah saya pakai sebelumnya. Apa saya bisa menggunakan alat itu untuk mengeluarkan dahak/ingus. Kalau bisa apa obat yang harus saya pakai dan berapa takarannya? Kepala saya tidak sakit, menunduk/membungkuk juga tidak sakit, di bawah mata juga tidak sakit, hanya telinga kanan saja rasanya seperti budek. Untuk tambahan, gigi seri kanan saya harusnya di cabut karena rapuh. Tapi dokter gigi saya belum mengizinkan karena tekanan darah saya selalu rendah 100/90.

25 Oct 2019, 10:02 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar dosis terapi inhalasi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda. 

Saran kami, Anak Anda tidak diberikan pulmicort karena sebaiknya digunakan setelah berumur 1 tahun.

Dosis Untuk anak usia diatas 1 tahun : 0,5 mg - 1 mg. (1 ml = 0,25 mg)

Menurut perhitungan BB dan usia anak Anda. Pemberian Ventoline

Dosis salbutamol dengan nebuliser adalah 0,1 – 0,15 mg/kg BB yang diencerkan dalam 2-5 ml NaCl 0,9% dengan interval 20 menit dengan dosis maksimum 5 mg/dosis. (ventoline 2,5 mg/2,5 ml)

untuk anak Anda :  8,4 kg x 0,15 = 1,26 mg (sekitar 1mg)

sehingga dosis untuk anak Anda adalah 1 ml.

Bisolvon digunakan untuk anak berusia lebih dari 2 tahun.

Akan tetapi setiap dokter akan selalu memberikan dosis sesuai indikasi penyakit anak, oleh karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi kembali kepada dokter yang telah memeriksa anak Anda, agar terapi yang diberikan sesuai dengan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

25 Oct 2019, 10:02 WIB