Penyebab Mata Rabun

Info Penanya, wanita 13 Tahun

kalau mata rabun saat melihat papan tulis itu krnap ya dok?

28 Oct 2019, 02:16 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Macam-macam kelainan Refraksi
 
Mata Myopia
Sering dikatakan rabun jauh, yaitu penurunan ketajaman penglihatan jauh jika dibanding dengan orang normal. Penyebab myopia adalah sumbu bola mata yang terlalu panjang atau daya bias lensa mata yang terlalu kuat. Keluhan yang biasanya dirasakan oleh penderita myopia adalah buram dalam melihat benda jauh, mata cepat lelah, pusing dan sering berair. Kelainan ini dapat dikoreksi dengan pemberian kaca minus/ cekung.
 
Mata Hipermetrop.
Yaitu penderita dengan kelainan ini mengeluh ketajaman penglihatannya kabur baik jauh maupun dekat. Penyebab Hipermetrop adalah sumbu bola mata yang terlalu pendek atau daya bias lensa mata yang terlalu lemah. Keluhan yang biasanya dirasakan oleh penderita hipermetrop adalah buram dalam melihat benda jauh maupun dekat, mata cepat lelah, pusing dan sering berair. Kelainan ini dapat dikoreksi dengan lensa plus / cembung. Keadaan ini banyak timbul pada anak-anak, terutama anak yang lahir prematur, dengan bertambahnya usia maka terjadi pertumbuhan bola mata sehingga ukuran koreksi lensanya menurun.
 
Mata Asigmatisme.
Mata asigmatisme atau sering disebut juga mata cylindris yaitu kelainan ketajaman penglihatan disebabkan karena penderita tidak dapat melihat sama jelas pada gambar disatu bidang datar sehingga penderita biasanya merasa berbayang dalam melihat benda jauh. Hal ini disebabkan karena tidak sama kelengkungan kornea dan permukaan kornea yang tidak rata. Mata asigmatisme dapat dikoreksi dengan lensa cylindris.

Penanganan

Ada bermacam-macam penanganan:

  • Konvensional yaitu dengan pemakaian kacamata, pemberian resep kacamata sebaiknya diberikan maksimal sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan ini dipergunakan untuk merangsang saraf penglihatan.
  • Dengan pemakaian lensa kontak, dengan pemakaian lensa kontak penderita dituntut lebih dalam menjaga kebersihan.
  • Dengan bedah Refraktif (Lasik) yaitu dengan penipisan atau irisan pada kornea untuk mengurangi tebalnya, umumnya dilakukan pada penderita telah berumur lebih dari 22 tahun, dengan asumsi bentuk bola mata telah maksimal dan penderita kooperatif.
  • Dengan bedah lensa jernih, dilakukan pada penderita dengan miop yang sangat tinggi yang tidak memungkinkan di lakukan Lasik, atau bisa juga ditanam lensa didepan iris.                    
Cara mengatasi insomnia ini paling tidak dapat membantu anda dalam mengatasi masalah sulit tidur, adapun tips-tips yang dapat anda lakukan ialah :
  1. Usahakan untuk tidur dengan teratur dan jangan mengubah-ubah jam tidur anda, karena akan membuat anda sulit untuk tidur.
  2. Cara mengatasi insomnia ini, anda dapat mengakalinya dengan tidak tidur siang, karena dengan cara ini akan membuat anda tertidur di malam hari.
  3. Hindarilah makanan atau minuman yang berkafein dan bersoda sebelum tidur, karena penggunaan kafein akan membuat anda susah untuk tidur.
  4. Gunakanlah tempat tidur hanya sebagai tempat tidur, bukan untuk hal yang lain seperti bermain gadget dan lain sebagainya. Dengan cara ini akan membuat anda konsisten bahwa tempat tidur adalah tempat untuk mengistirahatkan tubuh bukan untuk melakukan hal-hal yang lain.
  5. Sering-seringlah untuk melakukan meditasi, karena dengan meditasi akan membuat pikiran menjadi tenang dan juga pikiran akan menjadi fresh, sehingga resiko terkena insomnia akan berkurang.
  6. Mendengar lagu-lagu harmoni juga merupakan cara mengatasi insomnia yang baik. Karena dapat membuat anda cepat tidur serta merelaksasi otak anda sehingga anda akan lebih tertidur. Jika anda rutin melakukan mungkin insomnia anda akan menghilang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

28 Oct 2019, 02:16 WIB