Orkitis

Info Penanya, pria 18 Tahun

dok , testis saya besar sebelah kanan dan sakit. saya sudah di periksa dokter urologi, katanya saya orchitis epididimis. kemudian di katakan sembuh oleh dokter urologi, beberapa bulan kemudian sakit lagi di iringi keluarnya cairan kental bening tapi tak berbau. pertanyaan nya dok, apakah orchitis dapat menyebabkan mandul? dan apakah ukuran testis saya yang kanan cenderung dua kali lebih besar dari yang kiri berbahaya?

28 Oct 2019, 02:17 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah bertanya tentang orkitis.

Jika tak diobati dengan baik, orkitis dapat mengakibatkan infertilitas. Pengobatan testis dapat dimulai dengan pemberian obat sesuai dengan penyebabnya. Jika seorang mengalami keluhan nyeri testis dan aktif secara seksual, maka pemberian antibiotik dapat dipertimbangkan. Obat penurun panas dapat diberikan jika demam juga dialami pasien.

Secara umum, pengobatan orchitis dapat dibagi sesuai dengan jenisnya:

  • Orchitis idiopatik: Untuk mengobati jenis orchitis yang satu ini, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan antibiotik dan antiperadangan.
  • Orchitis virus: Pengobatan terhadap orchitis yang disebabkan virus dilakukan dengan pemberian obat antiperadangan. Anda juga sebainya banyak beristirahat.
  • Orchitis bakteri: Orichitis yang disebabkan bakteri dapat diobati dengan pemberian obat-obatan antibiotik.

Demikian penjelasan tentang orkitis. Semoga bermanfaat.

28 Oct 2019, 02:17 WIB