Gusi Bengkak Dan Terdapat Benjolan

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Mau tanya dok, seminggu yg lalu gusi saya bengkak ada benjolan warna putihnya dan gusinya terasa sakit cenut cenut. Sekarang bengkaknya udh hilang dan ga sakit lagi, tapi benjolannya kok masih ada ya?

30 Oct 2019, 07:46 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar Gusi bengkak dan terdapat benjolan melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang, infeksi atau kondisi lainnya. Tanda-tanda pada gusi yang mengalami peradangan adalah gusi lebih mudah berdarah dan berwarna merah terang.

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang yang tidak dirawat sehingga infeksi terus berlanjut hingga ke ujung akar gigi dan akhirnya menginfeksi jaringan pendukung gigi yaitu gusi dan tulang (disebut abses periapikal).

Selain karena karies gigi, abses juga dapat diawali oleh infeksi dan peradangan jaringan pendukung gigi. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk, banyak penumpukan plak dan karang gigi sehingga merusak perlekatan gusi ke gigi. Akibatnya bakteri berkembang biak di bawah gusi, menyebabkan abses periodontal.

Cara pengobatannya tentu bergantung pada penyebab. Untuk itu ada baiknya periksakan kondisi Anda terlebih dahulu dengan dokter gigi sehingga dapat diketahui penyebabnya dan dilakukan perawatan yang tepat. Meskipun rasa sakit sudah hilang ada baiknya tetap diperiksakan agar rasa sakit tidak muncul kembali.

Baca juga hal terkait:

6 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gigi berlubang

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

30 Oct 2019, 07:46 WIB