Menambal Gigi Yang Patah

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Hallo dok selamat malam. Saya dea saya ingim bertanya dok. Dua minggu yang lalu saya terjatuh dan 2 gigi depan saya patah. Saya kurang percaya diri dan saya ingin menambal gigi saya. Tapi menurut kabar yang saya dengar menambal gigi dapat mengakibatkan bau tidak sedap. Apakah itu benar dok?

30 Oct 2019, 07:56 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar menambal gigi yang patah melalui fitur Tanya Dokter.

Kerusakan pada gigi baik karena lubang/karies atau karena patah harus segera dilakukan perawatan guna menghindari terjadi kerusakan yang lebih parah dan timbulnya masalah lain, seperti bau mulut. Gigi yang patah setengah masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum.

Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasanya menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit.

Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai, lalu bentuk gigi diperbaiki menyerupai bentuk aslinya seperti semula dengan restorasi berupa gigi palsu atau dental crown.

Dengan melakukan perawatan dengan tepat kerusakan lebih lanjut dan timbulnya bau mulut dapat dihindari.

Baca juga artikel terkait:

Gigi Patah, Berbahayakah Bila Dibiarkan?

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

30 Oct 2019, 07:56 WIB