Gigi Berlubang Hingga Bengkak

Info Penanya, wanita 23 Tahun

selamat pagii dok.. sya kemaren sakit gigi kurang lebih 1 Minggu.. gigi saya berlubang.. setelah sakit gigi ilang pipi saya bengkak seperti ada benjolan keras tapi bukan digusi.. waktu itu ilang kempes tapi masih ada benjolannya sedikit.. pas gigi berlubang saya gk sengaja buat makan tiba-tiba pipi saya bengkak lagi.. sampe skrng blm ilang bengkak nya tapi gigi gk sakit.. apa itu berbahaya y dok. cara pengobatan nya gimana..

04 Nov 2019, 09:26 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi berlubang hingga bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya.

Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Pipi yang bengkak dapat disebabkan oleh karena gigi yang berlubang. Dugaan kami anda mengalami abses. Suatu kondisi patologis seperti abses dapat dibedakan menjadi kondisi akut dan kronis, dalam hal ini abses diawali dengan infeksi bakteri sehingga terjadi karies gigi. Bila dibiarkan tanpa perawatan, abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak dan menyebabkan pembengkakan yang cukup besar.

Ada baiknya anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk diperiksa secara langsung dan dapat dilakukan perawatan yang tepat.

BAca juga artikel terkait:

- Gigi berlubang

- Kenali 4 Penyebab Gigi Berlubang

- Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

04 Nov 2019, 09:26 WIB