Perawatan Pada Gigi Berlubang

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Halo dokter Saya mau konsultasi mengenai gigi saya.. 2 gigi saya gigi kelinci sebelah kanan dan sebelahnya (gigi 21-22 kl tdk salah). Gigi 21 saya berlubang dan sudah ditambal laser beberapa tahun lalu namun ternyata sisi lawan(sela2) ada muncul lubang awalnya sy kira itu hanya stain ato bercak coklat disela gigi tp trnyata gigi saya lama2 sakit dan sampai bengkak besar bernanah beberapa kali biasanya setiap saya kebnyakan minum es (sy ingat pertama kali bengkak besar itu kira2 5 taun lalu). Paling parah wktu terakhir bengkak itu sampai langit2 mulut dibawah gigi2 tersebut, biasanya kl bengkak sembuh 4 hari an. Lalu setelah 2 tahun ini sy ga minum es gigi itu ga pernah bengkak dan sakit lagi, tapi sy tau gigi itu gak sehat makannya saya berencana untuk di PSA kemudian di crown apa masih bisa ya dok? Ada juga untuk gigi 22 saya juga pernah bengkak tp sudah di PSA beberapa tahun lalu dan tidak ada karies sekunder, rencana juga saya mau crown, tapi perlu di PSA ulang ya dok? Apa masih bisa juga? Lalu mengenai kista, saya baca2 disitu tertulis kl kista disebabkan gigi yg berlubang parah, apa gigi2 saya tersebut bisa kena kista juga karena sudah trll parah? Saya jd takut dok. Terimakasih sebelumnya :)

04 Nov 2019, 09:46 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya mengenai perawatan pada gigi berlubang melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit gigi akibat gigi berlubang yang dibiarkan saja, bisa merambah sampai kamar saraf gigi, yaitu bagian dalam gigi yang berisi saraf, pembuluh darah. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan dapat ditambal biasa, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

Dalam kondisi ini gigi anda membutuhkan suatu perawatan yang disebut perawatan saluran akar. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin.

Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa atau kamar saraf gigi, sehingga tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Setelah itu gigi ditutup dengan restorasi akhir, berupa tambalan sinar atau mahkota tiruan. Diperlukan beberapa kali kunjungan dalam perawatan ini, untuk itu diperlukan kerjasama pasien agar perawatan ini dapat berhasil.

Selain itu jika gigi berlubang ini tidak segera ditangani, kondisi seperti kista juga dapat saja terjadi. Oleh karena itu segera lakukan pemeriksaan dengan dokter gigi agar dapat dilakukan perawatan yang tepat.

Baca juga artikel terkait :

Perawatan Saluran Akar

Karies Gigi dan Gigi Berlubang, Apa Bedanya?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

04 Nov 2019, 09:46 WIB