Penyebab Pinggang Terasa Gatal

Akhir2 ini pinggang saya selalu gatal usai menggunakan celana (pakai ikat pinggang) . Padahal ikat pinggsng tidak terlalu kencang. Timbul bentol seperti digigit nyamuk. Jika digaruk maka bentolnya semakin melebar. Gatal memang hilang dengan sendirinya setelah be berapa jam. Apa yang sebenarnya terjadi pada saya? Apakah ada gejala penyakit tertentu? Mohon penjeladanya dok. Terima kasiu.

Lihat Selengkapnya
pria, 53 Tahun04 Nov 2019, 10:30 WIB

dr. Reza Fahlevi

Dijawab oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. kemungkinan Anda mengalami infeksi jamur. Penyakit jamur yang mengenai daerah selangkangan seperti yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida, dalam dunia kedokteran disebut sebagai tinea kruris.

Tinea kruris disebabkan oleh jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit, luka dan dapat menjadi koreng.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk