Gatal di Sela-sela Jari

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Halo, dok. Saya ingin bertanya. Bulan kemarin saya terkena dermatitis tapi setelah periksa seminggu kemudian sembuh. Lalu tiba2 setelah itu saya merasakan gatal di jari tangan saya. Saya tidak sadar menggaruknya dan kini jari tangan saya bengkak serta berair dan terasa gatal. Itu kenapa ya dok? Apa masih gejala dermatitis juga?

05 Nov 2019, 04:10 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Keluhan gatal di sela jari dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

- Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).

- Infeksi jamur pada sela jari, keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

- Skabies, biasanya menyerang orang yang tinggal berkelompok seperti di asrama atau keluarga dengan jumlah anggora keluarga yang banyak akibat kondisi lingkungan yang tidak higienis. Gejala biasanya gatal yang sangat di sela-sela jari atau selangkangan. Penyakit ini dapat menular.

- Infeksi bakteri, iritasi akibat detergen/produk sabun

Karena penyakit kulit paling baik didiagnosa melalui pemeriksaan fisik secara langsung, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum/dokter spesialis kulit untuk terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

05 Nov 2019, 04:10 WIB